KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD

10 mg flumetasonpivalaat mg/mr oordruppels (BE) Locacortene-Vioform Krem 15 G(Ciba Geigy) Flumethason Clioquinol Kortikosteroid Topikal (TR). TEXT BOOK READING “KORTIKOSTEROID TOPIKAL” Oleh: Muhyiddin H1A Pembimbing dr. Yunita Hapsari, DALAM RANGKA. STEROID TOPIKAL Agen-agen anti-inflamatori Anti-inflamatori yg terrkuat kortikosteroid steroid-steroid lain hidrokortison, prednisolone – A free PowerPoint.


KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD

Author: Lavinia Marvin Jr.
Country: Libya
Language: English
Genre: Education
Published: 21 December 2016
Pages: 730
PDF File Size: 34.78 Mb
ePub File Size: 33.1 Mb
ISBN: 559-7-60964-279-1
Downloads: 9679
Price: Free
Uploader: Lavinia Marvin Jr.

KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD


Usia pasien, lokasi dan luas dari permukaan tubuh serta adanya peradangan kulit akan sangat mempengaruhi aktivitas agen kortikosteroid topikal. Kemampuan penetrasi glukokortikoid bervariasi tergantung lokasi area kulit, yang kemudian berhubungan dengan ketebalan stratum korneum dan pasokan vaskular ke area kulit tersebut.

Sebagai contoh, penetrasi steroid topikal melalui kelopak mata dan skrotum adalah 4 kali lebih besar daripada dahi dan 36 kortikosteroid topikal lebih besar daripada telapak tangan dan telapak kaki.

Steroid Topikal - PowerPoint PPT Presentation

Peradangan, kelembaban, dan kulit yang tidak berambut juga menjadi kortikosteroid topikal peningkatan kortikosteroid topikal. Area tubuh di mana terdapat kulit yang tipis tidak hanya memungkinkan untuk meningkatkan penetrasi obat, tetapi juga lebih rentan terjadi efek samping dibandingkan daerah lain di mana terdapat kulit tebal.

Steroid topikal poten kelas 1 dan 2 harus lebih jarang digunakan di daerah-daerah dengan tingkat tertinggi penetrasi, seperti kelopak mata. Konsentrasi zat terapi yang digunakan, durasi penggunaan, penggunaan dressing oklusive, gugus pembawa, dan karakteristik intrinsik dari molekul yang dipilih, juga dapat mempengaruhi penyerapan dan tingkat efek samping obat.

Ups! Laman tersebut tak ditemukan.

Target area untuk kortikosteroid topikal adalah epidermis atau dermis yang viabel, dan respons klinis terhadap formula berbanding lurus dengan konsentrasi kortikosteroid yang dicapai pada target area. Sebuah studi perbandingan tentang penggunaan kortikosteroid topikal pada kulit dibandingkan dengan pengobatan kortikosteroid oral menunjukkan bahwa kebanyakan kortikosteroid topikal memiliki potensi untuk kortikosteroid topikal tingkat obat yang efektif yang lebih besar di lapisan superfisial kulit daripada yang dicapai dengan dosis standar prednison oral.

kortikosteroid topikal

KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD

Ternyata kortikosteroid oral meniliki efek yang lebih baik daripada kortikosteroid topikal topikal, ini diduga akibat kurangnya kepatuhan pasien dalam penggunaan obat topikal. Kortikosteroid topikal dibuat dalam beberapa formulasi dengan berbagai potensi kekuatan.

Penelitian terbaru telah menekankan pentingnya kepatuhan terhadap pengobatan dalam pengelolaan kondisi kulit.

Dengan kortikosteroid topikal, formulasi baru termasuk spray semprotanfoam busalotion, hidrogel, dan formulasi sampo telah dikembangkan untuk meningkatkan penerimaan dan kenyamanan pasien, tanpa mengurangi efektivitas, keamanan dan tolerabilitas formulasi salep dan krim biasa.

Peningkatan hidrasi stratum korneum dapat meningkatkan penyerapan kortikosteroid topikal empat sampai lima kali lebih besar. Penyerapan juga ditingkatkan sampai kortikosteroid topikal kali lebih besar dengan tambahan oklusi.

Page not found - Dokter Indonesia Online

Peningkatan penetrasi kortikosteroid hanya salah satu dari banyak manfaat dari sediaan basah. INDIKASI Kortikosteroid topikal direkomendasikan sebagai obat pilihan dalam penyakit kulit karena efek aktivitas antiinflamasinya terhadap kortikosteroid topikal kulit. Obat ini juga digunakan karena anti-mitosisnya dan kemampuannya dalam kortikosteroid topikal sintesis molekul-molekul jaringan ikat.

Beberapa veriabel harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan obat kortikosteroid topikal. Sebagai contoh, respon penyakit terhadap berbagai macam kortikosteroid topikal.

Atas dasar itu, penyakit dapat dibagi menjadi tiga kategori yang terlihat dalam table Tabel Respon dermatosis terhadap penggunaan kortikosteroid topikal topikal Respon kuat Respon sedang Respon lemah Psoriasis intertriginosa Psoriasis Psoriasis palmoplantar Dermatitis atopic anak Dermatitis atopic dewasa Psoariasis kuku Dermatitis seboroik Dermatitis nummular Dermatitis dishidrotik intrtrigo Dermatitis primer iritan Lupus eritematosus Urtikari papular Pemphigus Parapsoriasis Liken planus Liken simplek kronis Granuloma anular Nekrobiosis lipodica dibetikorum Sarcoidosis Dermatitis kontak alergi fase akut Gigitan kortikosteroid topikal Anak Glukokortikoid topikal sangat efektif, dan beberapa kortikosteroid topikal samping yang diamati ketika sedian kekuatan lemah digunakan untuk jangka waktu yang singkat pada anak-anak.

Namun, anak-anak dan, khususnya, bayi, memiliki resiko peningkatan penyerapan kortikosteroid topikal karena beberapa alasan.

KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD

Mereka memiliki rasio luas permukaan kortikosteroid topikal dan berat badan yang lebih tinggi sehingga berpotensi terjadi efek sistemik yang lebih besar.

Bayi juga mungkin kurang mampu memetabolisme glukokortikoid kuat dengan cepat.

KORTIKOSTEROID TOPIKAL PDF DOWNLOAD

Bayi prematur sangat beresiko karena kulit mereka lebih tipis dan tingkat penetrasi obat topikal sangat tinggi. Penggunaan steroid topikal di diaper area area popok dan terjadi peningkatan kortikosteroid topikal steroid.